Kelebihan Berobat ke Malaysia dari Palembang

Share artikel ini

5 Kelebihan Berobat ke Malaysia menjadi Lebih Muda

Berobat ke Malaysia bukan lagi berita baru di dunia kesehatan karena negara ini memang dikenal maju dalam industri pariwisata bidang kesehatan. International Medical Travel Journal menganugerahi Malaysia sebagai negara yang berkembang paling pesat di bidang destinasi wisata medis di kawasan Benua Asia.

Kota Melaka menjadi salah satu yang paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara yang ingin berwisata kesehatan atau health and tourism. Kota ini sangat bersejarah karena pernah menjadi ibukota Kesultanan Melaka dan sebelumnya pernah dijajah oleh tiga negara yaitu Belanda, Portugis, dan Belanda.

Mengapa Banyak yang Memilih Berobat ke Malaysia?

Turis medis yang datang ke Malaysia didominasi oleh warga Indonesia, Vietnam, dan Singapura. Sedangkan alasan berobat di Malaysia sangat populer adalah sebagai berikut:

1.     Pelayanan Berkualitas

  • Tenaga medis dari berbagai pusat medis di Malaysia dikenal ramah dan cepat tanggap dalam memberikan pelayanan termasuk proses administrasi yang tidak ribet.
  • Konsultasi dengan dokter mudah serta nyaman dan bahkan antrian menerima obat, pemeriksaan pengobatan, atau tindakan medis lain juga dikenal berkualitas. Hal ini karena sistem pendaftaran pasien yang terorganisir dan efisien sehingga durasi dari mengantri bisa menjadi lebih singkat.
  • Para tenaga medis Malaysia dikenal fasih dalam menggunakan bahasa Inggris yang menjadi salah satu bahasa internasional sehingga komunikasi dengan pasien dari berbagai negara bisa dilakukan dengan mudah.
  • Pada kasus rawat inap, prosesnya cepat karena pasien bisa langsung mendapat kamar dan menerima tindakan medis yang dibutuhkan. Lalu untuk rawat jalan tersedia layanan antar jemput di bandara bagi pasien dan keluarga pasien.

2.     Hasil Optimal

Inilah alasan lain mengapa berobat ke Malaysia sangat terkenal di kawasan Asia Tenggara. Berkat pelayanan yang berkualitas dan sesuai dengan standar kesehatan tadi, hasil dari pengobatan di Negeri Jiran menjadi lebih optimal. Bahkan, tidak ada perbedaan antara kualitas rumah sakit swasta dan umum.

Para dokter di negara ini dikenal sama ahlinya dengan dokter dari negara maju seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Australia karena telah mengikuti pendidikan dan latihan terbaik di institusi kedokteran yang berkualitas.

Tidak heran jika sebagian besar dokter di Malaysia ahli di bidang pengobatan penyakit serius seperti kardiovaskular, kanker, dan gangguan reproduksi, serta ahli juga di bidang prosedur transplantasi organ.

3.     Fasilitas Lengkap dan Terkini

Berbagai pusat medis di Malaysia selalu mengutamakan pemutakhiran alat-alat kedokteran dan fasilitas yang lengkap.

Bahkan, beberapa rumah sakit juga memperhatikan desain yang estetik untuk ruangan agar para pasien menjadi lebih rileks serta nyaman. Hal ini akan membuat pengalaman berobat ke Malaysia menjadi lebih menyenangkan.

4.     Biaya Terjangkau

Jika melihat tiga poin di atas, biaya berobat ke Malaysia termasuk jauh lebih terjangkau daripada pergi ke beberapa negara lain seperti yang ada di Amerika atau Eropa. Pemerintah Malaysia sendiri telah menetapkan biaya berobat standar di berbagai pusat medis swasta dan pemerintah untuk setiap jenis penyakit.

Biaya standar tersebut berlaku untuk semua pasien, baik lokal atau mancanegara. Jadi disini Anda tidak akan menemukan rumah sakit dengan biaya berobat yang sangat mahal di atas biaya rata-rata.

5.     One-day care

Tidak bertele-tele dan membuang waktu adalah alasan lain mengapa berobat ke Malaysia sangat populer. Negara ini mengutamakan one-day care (pengobatan selesai dalam satu hari) untuk hampir semua jenis perawatan.

Jadi, Anda tidak akan menemukan skenario tidak menyenangkan seperti hari ini datang mengantri dan besok harus kembali untuk pemeriksaan selanjutnya.

Berbagai hal di atas membuat berobat ke Malaysia menjadi banyak dipilih termasuk oleh warga Indonesia. Bahkan sekitar 80% turis medis di Malaysia merupakan orang Indonesia. Jarak yang cukup dekat menjadi alasan lain mengapa orang Indonesia memilih pengobatan ke Malaysia.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *